BLOGGER TEMPLATES AND YouTube Layouts »

Rabu, 26 Oktober 2011

Makanan Khas kota Tarakan

Tarakan- Bila beberapa tahun kebelakang di Tarakan udang menjadi primadona produk unggulan daerah, maka saat ini Kepiting Sokalah yang akan di dongkrak menjadi produk unggulan selain udang.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Perikanan & Kelautan Kota Tarakan, Sarintan S.Pi., saat memberik
an keterangan Pers, Senin (21/02), bahwa tahun 2011 ini dinasnya mempunyai program mengerahkan masyarakat (nelayan) untuk membudidayakan Kepiting Soka, karena dengan berbudi daya kepiting soka akan mempunyai multiple effect yang positif bagi masyarakat itu sendiri.
Contohnya, bagi para pembudidaya kepiting soka akan mencari pakan kepiting kepada para nelayan, karena untuk makanan kepiting soka tersebut tidak bisa sembarangan ikan, ada ikan khusus agar kualitas kepitingnya bagus. 


Saat ini harga per-Kilo kepting soka bisa mencapai Rp. 50.000,- untuk pembudidaya mandiri, namun untuk yang di bantu oleh cold storage harga 1/Kg Rp. 40.000,- s/d Rp.42.000,-. Melihat harga yang cukup tinggi tersebut, Sarintan menyarankan kepada masyarakat petambak agar berbudidaya kepiting soka, selain tingginya harga jual saat ini juga di sekitar Tarakan banyak lahan tambak yang tidak produktif dari luas keseluruhan 700 Ha.

0 komentar: